Kelas Discovery Learning Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti
Kelas XI A Teknik Komputer Jaringan
Manggar, Belitung Timur
Model pembelajaran inovatif berbasis TIK yang berpusat pada siswa dan bersifat kolaboratif dengan memanfaatkan PMM dan/atau Platform Teknologi lainnya sudah saya lakukan di kelas XI A TKJ (29 siswa) pada hari Selasa, 22 Oktober 2024 pada pukul 10.15-12.00 wib. Kelas dimulai dengan salam, absensi, tadarusan, pertanyaan pemantik dan slide gambar (mengarahkan siswa dalam mengidentifikasi masalah/menemukan contoh pada LKPD yang tersedia).
Berikut hasil dokumentasi dalam proses pembelajaran kelas Discovery Learning, materi berfikir kritis dan semangat mencintai IPTEK. Tugas diskusi dibagi dalam 8 kelompok kecil, dalam 1 (satu) kelompok ada 4/5 orang. Disela-sela diskusi, mereka mengeksplor apa yang menjadi minat dalam mempelajari materi secara mandiri pada link Multimedia Pembelajaran Interaktif (MPI-MTT) yang terintegrasi dalam microsite yang sudah dibagikan dalam group kelas. Klik disini untuk melihat link microsite.
Saya berkeliling memantau kelompok dan menanyakan ke semua kelompok, apabila ada yang kurang dipahami dan mengalami kesulitan dalam menemukan contoh (tugas pada LKPD). Waktu diskusi 35 menit telah berlalu, dan sambil menunggu kelompok mempersiapkan diri dalam pembagian tugas presentasi hasil diskusinya, saya mengarahkan siswa untuk bermain game wordwall dan dilanjutkan dengan ice breaking (gajah & semut).
Setelah kondisi kelompok fokus dan siap untuk presentasi didepan kelas, maka dimulai presentasi kelompok dengan urutan ditentukan secara acak. Penampilan setiap kelompok terdiri dari moderator, narasumber dan notulen. "Saya bu yang menjadi notulennya, bagian mengetik dan mengarahkan kursor slide" ujar Yolanda dengan antusias segera duduk didepan layar laptop.
Setiap kelompok yang presentasi akan dikomentari oleh kelompok lain, apakah hasil presentasinya benar atau salah dengan argumennya masing-masing. Terakhir, sebagai evaluasi saya mengajak siswa untuk menguji pemahamannya dengan mengisi quizizz dan memberikan 4 doorprize bagi 4 orang yang berhasil skor tertinggi. Kelas menjadi ramai, riuh-rendah karena berkompetisi masuk quizizz, ngelag, sinyal tidak stabil.
Alhamdulillah, kelas selesai dengan baik dan sangat terlihat perubahan belajar dengan mengimplementasikan MPI-MTT dikelas. Guru benar-benar sebagai fasilitator, dan MPI-MTT ini sangat membantu meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi yang sulit dan belajarnya enjoy, aktif dan menyenangkan sesuai dengan gaya belajar mereka masing-masing.




















0 komentar:
Posting Komentar